10 POSTER TERBAIK

Bismillahirrahmaanirrahiim,
Assalammu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh,
Sehubungan telah diselenggarakannya Lomba Poster bertemakan islamic economics yang merupakan kerjasama Sharia Economic Forum (SEF) Gunadarma dan Otoritas Jasa Keuangan, berikut kami tampilkan 10 poster TERBAIK dan 2 diantaranya merupakan pemenang dari lomba poster yang diadakan tahun ini. 2 Pemenang sudah kami hubungi dan sudah diumumkan pada saat acara Final National Islamic Economic Olympiad 2015 pada tanggal 13 Maret 2015.

1. Muhammad Yedo rasyid
instansi: STEI Tazkia
“Do Not Fall Asleep”

Poster_Yedo Rasyid_STEI Tazkia_085775401307Deskripsi :Dalam 2 tahun terakhir dalam periode yang sama penurunan tingkat pertumbuhan market share bank syariah terus menurun. Akankah mata dalam poster tersebut akan menutup mata dan menjadi metafora pertumbuhan market share yang menyentuh garin nol? jawaban nya ada pada diri kita masing-masing sebagai insan ekonom rabbani. metafora menutup mata, bermalas-malas, lalai, tertidur dan masa bodoh terhadap perkembangan ekonomi syariah. ataukan membuka mata lebar-lebar dan bersama berjuang!

2. Alvian Rahman Hanif
Instansi: Universitas Gunadarma
“Bagi hasil itu memang lebih menguntungkan, aman & 100% halal”

2

Deskripsi: Bertujuan untuk meyakinkan pembaca bahwa sistem bagi hasil yang diterapkan pada perbankan syariah dapat menjadi pilihan yang lebih baik bagi orang-orang yang ingin memulai sebuah usaha dibandingkan dengan sistem bunga pada perbankan konvensional.

3. Amril Aham
Instansi: STEI Tazkia
Ekonomi Islam adalah Kewajiban”

3Deskripsi: Kalimat yang tertera dalam poster yang membuka hati saya untuk terus berkiprah dalam ekonomi syariah ini. “Ekonomi islam adalah kewajiban” merupakan kalimat yang simpel dan mudah diucapkan, tapi kalimat ini terurai dengan penjelasan selama 2 jam tanpa henti dan mungkin masih bisa lebih panjang lagi. Kedalaman makna dan bagaimana konsekuensi positif untuk dunia perekonomian dari kalimat ini sungguh menjadi impian masyarakat dunia yang telah lama menderita akibat kapitalisme.

4. Ferdi Areanto
Instansi: Universitas Gunadarma
“Peran BMT dalam Mengentaskan Kemiskinan”

10

Deskripsi: Dalam perkembangannya, BMT sebagai salah satu lembaga keuangan mikro syariah hadir ditengah – tengah masyarakat dalam upaya membantu serta membina masyarakat khususnya fakir miskin dalam hal ekonomi. BMT saat ini sudah dipayungi hukum sebagai koperasi, namun fungsinya berbeda dengan koperasi pada umumnya, yang didalamnya tedapat baitul maal yang fungsinya menghimpun dana ZIS. Anggota BMT bisa datang dari kalangan mana saja, bukan hanya saja umat muslim, namun masyarakat berbagai ideologi politik dan berbagai agama juga dapat merasakan manfaat yang diberikan BMT. Diharapkan dengan memanfaatkan BMT, masyarakat tidak lagi bergantung dengan rentenir serta dapat mandiri didalam ekonomi masing masing. BMT tidak membuat masyarakat bergantung, namun BMT akan membina sehingga akan mandiri kedepannya.

5.Hasyim Ansyari
“Mengenal Ekonomi Islam”

14

Deskripsi: poster menjelaskan beberapa garis besar mengenai
apa sebenarnya itu ekonomi islam dan tujuannya.

6. Fahmi Afrizal
Instansi: SMA Negeri 7 Jakarta
“Yuk Asuransi Syariah…!”

8

Deskripsi: Poster tersebut berisikan tentang keunggulan – keunggulan asuransi syariah dibandingkan dengan asuransi konvensional. Terdapat enam logo dari perwakilan masing – masing subjudul (keunggulan asuransi syariah), enam melambangkan rukun iman yang wajib kita imani sebagai umat islam. Terdapat titik – titik hitam yang menuju ke buku. Titik – titik hitam tersebut melambangkan keterkaitan satu sama lain tentang keunggulan – keunggulan asuransi syariah. Sedangkan buku yang bewarna putih melambangkan Al-quran dan Assunnah, karena prinsip dasar asuransi syariah yaitu Alquran dan assunnah. Latar belakang poster bewarna hijau, karena hijau melambangkan kesejukkan, guna dengan asuransi syariah umat islam dapat lebih tentram dan damai. Jugga terdapat pattern atau pola yang bercorak islami, pola tersebut melambangkan suasana islam yang terdapat pada poster. Pada subjudul atau keunggulan – keunggulan asuransi syariah di belakangnya terdapat pita yang bewara-warni, melambangkan dengan berasuransi syariah hidup ini sesuai dengan apa yang dicita-citakan.

7. Muhammad Abdul Aziz
Instansi: UIN Sunan Kalijaga
“Rokok dan Asuransi Syariah”

20

Deskripsi: Poster ini memberikan pesan bahwa Asuransi, khususnya asuransi syariah memberikan dampak berkebalikan dibanding mengkonsumsi rokok. Asuransi syariah dengan sistem yang lebih mudah dan murah menjadi solusi pengatur resiko kesehatan kita. Ilustrasi rokok dan kartu antrian rumah sakit memberikan gambaran bahwa rokok mempermudah kita untuk terkena resiko kesehatan. Pada nomor antrian tertulis “1-D” memberikan pesan bahwa “1” adalah antrian tercepat sedangkan “D” berarti kematian. Makna kata-kata “Asuransi syariah bikin cepat keluar rumah sakit” berarti asuransi syariah mempermudah urusan administrasi ketika sedang mengalami musibah. Asuransi syariah dengan prinsip ‘tolong-menolongnya’ membantu untuk menjadi kembali sehat dibanding rokok yang merusak kesehatan.

8. Tiara Permata Sari
Instansi: UNTIRTA
“Pilih Dunia atau Akhirat?!!”

34

Deskripsi: Poster tersebut menggambarkan bahwa bumi seakan terbagi dua, dilihat dari system ekonomi yang diberlakukan yaitu ekonomi konvensional dan syariah. Walaupun ekonomi syariah sudah mulai dikenal masyarakat namun faktanya system ekonomi berbasis syariah itu masih berada dibawah kekuasaan ekonomi konvensional. Bila terus seperti itu maka akan banyak rakyat yang menderita karena kita tahu bahwa ekonomi konvensional banyak melakukan pelanggaran yang dapat membuat orang lain sengsara. Seperti halnya riba yang jelas-jelas dilarang oleh Allah karena membawa kemaslahatan bagi umat. Oleh karena itu mari bersama-sama kita ubah system perekonomian khususnya di Indonesia tanah kelahiran kita. Kasihan bumi yang semakin hancur karena keserakahan manusia, kasihan manusia yang sengsara karena ketidakadilan merajalela, kasihan masa depan anak cucu kita yang hanya akan mendapatkan kesusahan dari apa yang kita lakukan saat ini. Jadi jangan pikirkan saat ini tapi nanti, karena masa depan ada di tangan kita bersama. Buat masa depan yang lebih baik dengan melakukan kegiatan ekonomi berbasis syariah.

9. Aprilyan Dwi Saputra
Instansi: Universitas Gunadarma
“Islamic Economic”

5

Deskripsi: Poster ini dibuat dengan mempunyai sebuah makna agar orang yang melihat dapat berfikir langsung tentang makna arti Islamic Economic tanpa mengetauhi makna arti itu sebelum nya, dari sebuah bohlam lampu yang saling berkaitan antara lingkaran – lingkaran yang di dalam nya ada sebuah gambar yang mempunyai makna – makna tersendiri. Seperti menyimpang uang di dalam Bank Syariah, Pasar Modal, Asuransi, dan Memanagemen Keuangan oleh Lembaga Keungan Micro.

10. M. Hasbi Asshodhiqi
Instansi: Universitas Gunadarma
“Muslim Muda, Ayo Hindari Bunga!”

19

Deskripsi: Poster ini bertujuan untuk memeberi tau anak-anak muda agar menjauhi bunga/riba dan menggunakan bank syariah,design saya buat agak colorfull agar memikat mata,serta saya menambahkan karakter kartun agar mudah diterima anak-anak muda khususnya mahasiswa,karena dengan design yang terlalu serius anak muda akan kurang tertarik membacanya.

Kami ucapkan SELAMAT!! untuk 10 POSTER TERBAIK  dalam rangka Lomba Poster Ekonomi Islam – Gunadarma Sharia Economic Event 2105!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s